Thursday, December 15, 2011

Bayi Sudah Belajar Tata Bahasa Sejak Dilahirkan

Bayi yang baru lahir tak hanya bisa menangis, namun ia ternyata sudah mulai mempelajari tata bahasa. Para peneliti menemukan bahwa pada tahun pertama kehidupannya, bayi mendengarkan bahasa dengan seksama dan mendekonstruksi pola kata.
http://bornangels.com/wp-content/uploads/2010/11/baby-laughing.jpg

Menurut Profesor Jill Lany dari University of Notre Dame, sebenanrnya pondasi awal manusia belajar kata dimulai sekitar usia 17 bulan.

"Bayi selalu mencari petunjuk bahasa dan suara. Penelitian saya menunjukkan bahwa ada beberapa petunjuk yang mengejutkan dalam aliran suara yang dapat membantu bayi mempelajari makna kata-kata. Mereka dapat membedakan berbagai jenis kata-kata seperti kata benda dan kata kerja dari informasi dalam aliran suara," kata Prof. lany.
http://1.bp.blogspot.com/_AHDqOUzgcdI/TPQUwrf2gSI/AAAAAAAAAEo/AKynwzjjgns/s1600/Cute-Baby.jpg

Dia menemukan bahwa anak-anak berusia satu tahun bisa mengidentifikasi petunjuk tata bahasa untuk menebak kata apa yang mungkin berhubungan. Bayi memahami bahwa kata "itu adalah" diucapkan sebelum kata benda.

"Jika saya mengatakan, 'Oh, lihat, itu adalah DAX', orang mungkin tidak tahu apakah 'DAX' itu. Namun isyarat 'itu adalah' membuat bayi mengetahui bahwa kata berikutnya adalah obyek atau benda," kata Prof Lany seperti dilansir DailyMail, Jumat (16/12/2011).
http://www.therealfun.com/wallpapers/Newborn_Baby_Care_15305.jpg
Demikian pula jika seseorang mengatakan 'Aku menDAX itu'. Prinsip yang sama bekerja pada isyarat dan pola kata yang menunjukkan kata kerja. Menurut Prof Lany, ketika mencapai usia 15 bulan, bayi dapat melacak struktur tata bahasa yang lebih kompleks.
http://peluangusaha-oke.com/wp-content/uploads/2011/11/Nama-Bayi-Laki-laki-Islami.jpg

"Kita sering berpikir bahwa tata bahasa dikuasai setelah mempelajari kata. Tapi pada kenyataannya, penelitian saya menunjukkan bahwa semua informasi yang sampai pada bayi di tahun pertama kehidupannya tentang bagaimana kata-kata terjadi dalam bahasa sebenarnya mendukung proses belajar kata sebelum penguasaan bahasa," pungkas Prof Lany.

http://internationalbabyplanners.com/wp-content/uploads/2008/11/Baby-Bubble-Bath.jpg





sumber :http://www.detikhealth.com/read/2011/12/16/111441/1792635/1300/bayi-sudah-belajar-tata-bahasa-sejak-dilahirkan?l1101755

No comments:

Post a Comment