Friday, December 30, 2011

[must see] Indonesia Bikin rekor Dunia Lewat Angklung




Indonesia sukses bikin rekor Dunia atau “Guinness World Records” lewat angklung, dimana pesertanya adalah orang orang yang gak cuman orang indonesia dan dilakukan di luar negeri tepatnya di America Serikat.


Lebih dari 5 ribu orang mampu memainkan lagu "We Are The World" dengan menggunakan angklung di Washington DC, Amerika Serikat. Peserta berhasil memainkan angklung dibawah panduan Daeng Udjo dari Saung Angklung Udjo bandung.


Pencetakan rekor dunia itu berlangsung di taman National Mall-Washington Monument, yang lokasinya antara lain menghadap Capitol Hill (Gedung Kongres AS) serta berseberangan dengan Gedung Putih, yaitu kantor dan kediaman resmi Presiden AS. Para peserta yang masing-masing mendapatkan sebuah angklung serta syal batik atau ikat kepala khas Bali saat memasuki arena, mengikuti panduan Daeng Udjo dengan membunyikan angklung berdasarkan salah satu nama pulau di Indonesia yang tercantum pada angklung mereka.


Nama-nama pulau tersebut –Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Lombok, Maluku, Flores, Papua, Halmahera– secara berurutan menggambarkan not do-re-mi-fa-so-la-ti-do-re (atas)-mi (atas).


Peserta membunyikan angklung masing-masing saat Daeng Udjo memberikan tanda not-not tersebut dengan menggunakan berbagai bentuk tangan.


Dari atas panggung, Daeng melatih para peserta memainkan beberapa lagu termasuk “Take Me Home, Country Roads” ciptaan John Denver, Taffy Nivert, dan Bill Danoff, sebelum akhirnya masuk ke lagu resmi pencetakan rekor, “We Are the World”.


Sebelum pengumuman, juri dari pihak “Guinness World Records” mengaku terkesima dengan kenyataan bahwa banyak peserta sebelumnya sama sekali tidak pernah memegang angklung namun pada Sabtu sore di National Mall bisa bersama-sama memainkan “We Are the World”.


dino Patti Djalal yang merupakan Dubes Indo untuk Amerika Serikat juga gak nggak nyangka dan diluar dugaan. Sebelumnya targetnya adalah dengan seribu orang saja udah bisa membuat rekor. Bahkan sampe H-1, peserta yang daftar baru 1600 orang. Tapi ternyata di hari H peserta yang hadir sampai lebih dari 5 ribu orang.


Pembuatan rekor dunia permainan angklung itu juga diikuti dari atas panggung oleh sejumlah tokoh, termasuk Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan, Duta Besar RI untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York Hasan Kleib, Managing Director Bank Dunia Sri Mulyani serta pengusaha dan promotor musik Peter Gontha.


Selain pencetakan rekor dunia permainan angklung, hari Sabtu di tempat yang sama juga dijadikan sebagai Festival Indonesia dan hari perayaan multikulturalisme. Festival menghadirkan sejumlah artis Indonesia, seperti Sherina, Elfa`s Singers, Denada, Balawan serta artis mancanegara termasuk Brazilian Percussion, Interfaith Concert hingga Air Supply.


Wahhh Selamat yachhh



Spoiler for 1:


Spoiler for 2:


Spoiler for 3:




sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9644406

No comments:

Post a Comment