Friday, December 16, 2011

Minerva 150, Tidak Lupa asal



Moge Yamaha R6 memang punya pesona sebagai besutan supersport sejati. Itu yang membuat Franka rela ‘mengacak-acak’ Minerva 150 miliknya agar menyerupai R6.

Basic motor mengandalkan Miverva sudah sangat mendukung. Karena memiliki konstruksi mudah dibentuk. Lantaran asalnya sudah punya tampilan motor sport yang full fairing.

Modifikasi di rangka cukup dua yang dilakukan. Deltabox ditambah pelat baru yang desainnya menyerupai milik Yamaha R6. Juga sub frame pada rangka belakang dibentuk lebih tinggi lagi.

Kecuali, bodinya. “Untuk mengikuti Yamaha R6, seluruh bodi lama enggak ada lagi yang dipakai. Tapi, part-part yang mendukung lainnya masih tetap andalkan milik Minerva. Utamanya bagian lampu depan masih pakai punya aslinya,” bilang Budi Dave dari bengkel Dave Motor Concept di Jl. Keadilan, Rawa Denok, Rangkepan Jaya, Depok.

Dave Motor Concept yang memang spesialis ubahan pakai pelat besi ini langsung merangkai bodi baru untuk Minerva. “Seluruh sudah full pelat, cuma untuk menekan bobot motor, mengandalkan pelat galvanis yang lebih ringan,” lanjut Budi yang menambahkan proses pelapisan dempul juga dibuat lebih tipis.

Agar pengendalian motor masih tetap nyaman dipakai harian, dimensi bodi yang diaplikasi tidak dibuat gambot. Justru desainnya lebih slim, malah dimensinya juga dibuat sama dengan bodi lama Minerva.

Bisa dilihat dari model fairing dan bodi belakang. Lekukan bodi tetap dibuat menyerupai Yamaha R6 namun bodinya enggak terlalu besar. “Kalau terlalu besar, selain handling jadi kurang nyaman tampilannya juga jadi enggak oke, soalnya kaki-kaki masih andalkan bawaan motor,” lanjut Budi.

Seperti sok depan model upside down bawaan dari Minerva. Sedangkan untuk lengan ayun belakang aslinya yang dimodifikasi, sehingga modelnya meyerupai arm Yamaha R6.



Selanjutnya biar besutan Franka berdiri lebih tegap, pelek diganti dengan tapak lebih lebar. Mengandalkan produk variasi.

Supaya akselerasi lebih responsip, Budi mengandalkan knalpot racing sebagai saluran gas buang baru. "Model dan desain knalpot ini seluruhnya ubahan dari DMC," tutup builder ramah ini

Kelir Identitas

Biasanya kalau sudah ganti bodi, identitas asli motor sengaja dihilangkan. Namun tidak buat Franka, pemilik motor ini tetap pede menampilkan identitas Minerva yang ditempel pada fairing bawah dan logonya di bagian tangki.

wajah asli R6





Untuk pemilihan warna, sengaja masih dominan kelir merah yang mengikuti warna asli identitas Minerva, mengandalkan kelir merah Ferarri. “Biar telihat lebih tegas dikolaborasi dengan warna hitam pada bagian bawah.

"Biar lebih manis, diselipkan grafis berupa tarikan cutting sticker pada bagian tengah fairing ” lanjut Budi lagi. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : BT 45 110/60-17
Ban belakang : BT 45 130/70-17
Knalpot : Custom DMC
Pelek : Variasi






sumber :http://motorplus.otomotifnet.com/read/2011/12/16/326339/108/10/Minerva-150-Tidak-Lupa-asal

No comments:

Post a Comment

Post a Comment