Tuesday, January 10, 2012

Bagian-bagian dan Cara Pakai Skateboard

http://i900.photobucket.com/albums/ac204/kreo_2009/ss-1.jpg

saya yakin kalian tau dan pernah melihatnya. bener banget itu skateboard. Disini ada beberapa informasi tentang skateboard yang sebenarnya,termasuk semua yang perlu Anda ketahui tentang mereka. CEKIDOT :

Bagian Bagian Skateboard :


1.Deck

sebuah benda yang berbentuk persegi empat,lonjong,dan datar dan terbuat dari lapisan-lapisan kayu yang mana dibawahnya diletakkan truck dan atasnya menggunakan lapisan griptape. diindustri papan,papan standard biasanya terdiri dari 7 atau 9 lapis kayu mapple yang direkatkan dengan lem dan dipress kedalam wadah press an untuk membentuk concaves.concaves adalah lekukan pada deck.



2. Nose :

bagian terdepan di skateboard anda dan biasanya bentuknya lebih lebar daripada tail.



3. Tail :

bagian yang terdapat dibagian belakang skateboard anda dan biasanya bentuknya lebih kecil daripada nose.



4. Mounting Holes :

adalah 8 lubang yang terdapat didecks dan berfungsi sebagai tempat menaruh trucks.



5. Griptape

sebuah amplas yang berbentuk seperti kertas yang digunakkan diatas decks.biasanya griptape mempunyai ukuran yang hampir sama dengan decks.Griptape ialah grainy karena mempunyai kontrol dan daya cengkeram papan anda, anda memerlukan bahan yang akan menangkap dan merebut seluruh gerak-gerik kaki anda.



6. Trucks

alat yang dibuat dari besi yang digunakan untuk menyangga deck dan menaruh wheel.



7. Axle :

adalah besi yang menonjol dikedua sisi trucks yang berfungsi untuk meletakkan wheel



8. Axle nuts :

adalah mur yang berfungsi untuk menahan wheel agar tidak lepas.



9. Bushing :

adalah potongan urethane yang berbentuk donat dan diletakkan dikingpin.bushing terdapat pada pada gambar disamping yang berwarna kuning.disetiap truck terdapat 2 bushing.busing diletakkan diantara hanger satu diletakkan dibawah hanger dan satunya diletakkan diatas hanger.bushing bisa dikencangkan atau dikendorkan sesuai dengan jenisnya,ada yang hard yaitu yang keras atau yang soft lebih lembut.saya sarankan untuk memilih bushing yang hard karena lebih stabil dan tidak mudah goyang,walaupun kelemahannya tidak mudah untuk berbelok.



10. Baseplate :

adalah bagian terbawah truck,berfungsi untuk meletakkan hanggar dan kingpin.hanger bebentuk persegi dan memiliki 8 lubang yang setiap lubang untuk setiap nuts yang berfungsi mengencangkan truck dengan decks.



11. Hanger:

adalah bagian truck yang dikencangkan dengan kingpin yang dilettakan dilubang pivot dibaseplate.hanger berfungsi untuk alat grind ditruck.



pivot adalah plastik berbentuk cangkir dan terletak dibaseplate.digunakan untuk menyangga hanger.



12. Kingpin :

adalah baut yang menyangga hanger dan bushing.truck bisa dikencangkan atau dikendorkan melalui mur kingpin.



13. Riser :

adalah palstik berbentuk persegi yang diletakkan diantara truck dan decks.riser berfungsi untuk meredam tekanan gravitasi.



14. Wheel :

roda yang terdapat dalam part skateboard ukuran wheel bermacam-macam.



Street : ukuran wheel untuk yang suka bermain distreet atau technical biasanya menggunakan wheel dengan ukuran 48-55 mm dengan tingkat kekerasan 97-101a.


15. Vert:

untuk yang suka bermain vert bisa menggunakan wheel dengan ukuran 55-65 mm dengan kekerasan 95-100a



16. Bearing :

adalah sebuah benda yang digunakkan untuk menggerakan wheel.orang indonesia sering menyebut bearing itu klahar,bearing terdiri dari 6,7 atau 8 bola yang dilindungi oleh penahan.setiap wheel terdiri dari 2 bearing,jadi bila dijumlah untuk keseluruhan bearing ada 8 buah untuk melengkapi skateboard.istilah abec adalah penilaian bearing mengikuti angka 1,2,3,4,5,6,7,8,9 dan nilai-nilai yang tepat untuk penilaian sebagai seberapa baik perform bearing saat di bawah kecepatan tinggi di sebuah garis lurus.



17. Delrin Crown :

adalah sebuah tempat untuk menaruh bola bearing,dengan delrin crown bisa membuat bearing mu bersih dan tahan lama(awet).Lubricant: seperti oli untuk melancarkan bearing anda yang macet.lubricant mempunyai sifat meminimalkan gesekan pada bearing sehingga bearing menjadi lancar.


 
 
Cara mendorong Papan Skateboard :




Sikap Berdiri Pada Papan Skate
Ada Dua cara sikap berdiri pada papan skate :

1. Goofy (skat dengan kaki kanan maju)
2. Regular (skat dengan kaki kiri maju).

Teknik Berdiri Diatas Papan

Aksesoris Pemula Bagi Skater





No comments:

Post a Comment